Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Duku

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Duku – Buah ini memiliki bentuk bulat kecil – kecil yang sering dikonsumsi sebagai pencuci mulut yang bercita rasa segar sehingga pas dijadikan sebagai buah meja.

Namun apakah anda mengetahui bahwa buah yang satu ini dapat secara maksimal dimanfaatkan seperti dibuat manisan, selai, bahkan sebagai suplemen kesehatan dan isian puding.

Untuk buah duku yang masih mentah berwarna kehijauan dengan cita rasa kecut dan pahit namun jika sudah berwarna putih kekuningan maka pertanda bahwa buah bersangkutan sudah matang dan akan memiliki cita rasa buah yang segar dan manis.

Berikut di bawah ini kami akan memberikan beberapa manfaat buah duku yang ternyata bagus untuk menjaga kesehatan yang patut untuk anda ketahui antara lain sebagai berikut :

1. Sumber antioksidan

Buah duku banyak mengandung vitamin C yang berperan bagus sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan kandungan nutrisi yang berfungsi untuk menghindari tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Mencegah penuaan dini 

Seperti diketahui bahwa salah satu faktor penyebab terjadinya penuaan dini adalah karena adanya radikal bebas. Seperti disebutkan di atas, vitamin C dalam buah ini sangat efektif untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Vitamin C bermanfaat untuk melindungi protein lipid, asam nukleat, dan karbohidrat dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas maupun polusi atau racun.

3. Menguatkan Gigi

Buah duku berkhasiat untuk dapat menguatkan gigi karena kandungan fosfor yang cukup tinggi di dalamnya yang mana ini akan menyebabkan gigi tumbuh menjadi kuat dan sehat terutama jika sering dan rutin mengkonsumsi buah yang satu ini.

 4. Menjaga Kesehatan Gusi

Kesehatan gusi bisa dirawat dengan cara mengkonsumsi vitamin C yang banyak terdapat dalam daging buah duku sehingga berkhasiat untuk menjaga kesehatan gusi. Kandungan vitamin ini juga banyak terdapat dalam buah jeruk, lemon, dan jeruk nipis.

Mengenal Klasifikasi Duku

Kingdom : Plantae, divisi : Spermatophyta, anak divisi : Angiospermae, kelas : Dicotyledoneae, anak kelas : Dialypetalae, bangsa : Rutales, suku : Meliaceae, Marga : Lansium, dan spesies : Lansium Domesticum Correa.

Nama asing dari buah ini adalah Malaysia (langseh, langsep dan lansa), Filipina (lansones, lanzone, buahan), Thailand (langsad dan longkong), Vietnam (ion bon dan bon – bon), Burma (langsak dan duku), dan Srilanka (gadu dan guda).

Nama daerah dari buah ini adalah Aceh dan Sumut (lansat dan lancet), Nias (lase), Minahasa (langsek), Lampung (langsak, lasak, rarsak, dan rasak), Sulawesi Utara (lanse, lase, dan lese), Sulawesi Selatan (lasat, lasate, dan lasa), Maluku (langsep, duku dan dukuh), dan Jawa (dukuh / duku).

Morfologi Buah Duku

Duku merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk ke dalam family Meliaceae dan merupakan tanaman bergetah banyak dengan rupa pohon tinggi besar dan tegak serta menahun. Buahnya adalah berupa tandan berbentuk bulat atau bulat memanjang yang mana buah duku yang siap dipanen biasanya memiliki kulit buah berwarna kuning kehijau – hijauan dan bahkan beberapa diantaranya kuning keputih – putihan dengan daging buah yang lunak. Tanda lain bahwa buah sudah matang di pohon yaitu getah pada kulit buah jumlahnya mulai berkurang atau tidak ada getah sama sekali pada kulit buah duku bersangkutan.

Tanaman duku diperbanyak dengan cara biji yang biasanya sudah mulai berbunga sekaligus akan berbuah pada umur tanaman mencapai 12 tahun lebih. Tanaman duku yang pembibitannya dilakukan secara vegetatif seperti pencangkokan atau sambungan bisa berbuah lebih cepat yaitu pada umur rata – rata 8 tahun.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman duku, semoga bermanfaat !

About the Author: libbypardon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *