Cara Mengolah Multiple WordPress dari Satu Dashboard

Cara Mengolah Multiple WordPress dari Satu Dashboard

Cara Mengolah Multiple WordPress dari Satu Dashboard – Website WordPress memang mudah dikelola apabila jumlahnya hanya satu. Apabila jumlahnya lebih dari satu beda cerita lagi. Untungnya saat ini telah ada cara untuk mengelola website lebih dari satu dengan menggunakan satu dashboard.

Tentunya cara ini sangat direkomendasikan bagi web agency maupun web developer dalam mengelola web klien yang jumlahnya tidak sedikit secara bersamaan.

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh ketika mengolah multiple WordPress dari satu dashboard.

Salah satunya yaitu lebih menghemat tenaga dan waktu karena tidak perlu melakukan login secara satu per satu.

Sehingga pekerjaan menjadi lebih efisien. Tidak hanya login, komentar dari beberapa website juga dapat dikelola secara bersamaan.

Karena dapat dikelola secara bersaman, membuat pekerjaan ini tidak membutuhkan orang. Yang artinya biaya yang dikeluarkan juga lebih sedikit.

Cara ini juga secara otomatis dapat membackup website dan datanya disimpan pada tempat yang berbeda.

Baca Juga : Cara Mengetahui Pesan Whatsapp yang telah Dihapus

Plugin yang Direkomendasikan untuk Mengolah Multiple WordPress

Dalam mengolah multiple WordPress dibutuhkan plugin. Berikut beberapa plugin  gratis yang dapat digunakan :

  1. Jetpack merupakan plugin yang dikeluarkan oleh WordPress.com sehingga beberapa orang pasti sudah familiar dengan yang satu ini. Plugin ini menawarkan paket yang sangat lengkap, mulai dari tampilan, pemasaran, hingga keamanan. Caranya juga cukup mudah, yaitu dengan masuk WordPress.com/sites. Kemudian mendaftar website apa saja yang ingin dikelola. Dari daftar ini, seseorang juga dapat mengetahui website yang perlu dibenahi.
  2. iThemes Sync merupakan plugin yang sangat memudahkan penggunanya. Hal ini dikarenakan plugin ini mampu memberikan rangkuman semua aktivitas update yang kemudian diubah menjadi email HTML.
  3. WPRemote adalah plugin dengan sistem pengolahan yang sangat simpel. Plugin ini memiliki dua fitur utama yang sederhana, yaitu mengupdate hanya dengan sekali klik dan memonitoring software.
  4. MainWP Dashboard yaitu plugin yang dapat digunakan tanpa biaya namun membutuhkan instal dari beberapa plugin. Untuk MainWP Dashboard harus diinstal pada website WordPress. Website ini nantinya akan dijadikan dashboard yang utama. Kemudian MainWP Child diisntal pada setiap website yang akan dimonitoring.

You May Also Like

About the Author: libbypardon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *